Cari Blog Ini

Rabu, 18 Januari 2017

Pesan Bhabinkamtibmas Cimuning

Aiptu Sulaiman Amir, Bhabinkamtibmas Kelurahan Cimuning Mustika Jaya, Bekasi mengingatkan/menyampaikan pesan-pesan kamtibmas untuk kita bersama sehubungan dengan banyaknya tindak kejahatan pencurian pada siang hari di rumah yang ditinggalkan oleh penghuni baik dalam jangka waktu lama maupun sebentar.

Hal-hal yang dapat menyebabkan pelaku mempunyai kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan/pencurian yaitu :
  1. Sering sekali kita pada saat berpergian mengunci pagar dengan gembok dari luar.
  2. Sering kita menyalakan semua lampu hingga lampu teras rumah terus menyala.
Kedua hal tersebut di atas dapat menjadi bahan pentujuk pelaku kejahatan untuk mengetahui kondisi rumah kita apakah berpenghuni atau tidak. Beberapa cara kita untuk mensiasatinya agar terhindar dari kejahatan pencurian rumah kosong dengan cara sebagai berikut :
  • Pada saat anda meninggalkan rumah pastikan semua pintu terkunci dan untuk mengunci pintu pagar dengan cara mengembok pagar dari dalam, maksud dan tujuannya seolah-olah ada orang didalam rumah tersebut.
  • Pada saat anda meninggalkan rumah lebih lama / lebih dari 1 hari pastikan aliran listrik telah dimatikan terutama lampu teras rumah. Maksud dan tujuannya agar tidak mengundang perhatian pelaku pencurian.
  • Pada saat anda meninggalkan rumah hanya sebentar usahakan menyalakan TV atau Radio dengan volume yang sedikit keras , maksud dan tujuannya seolah-olah di dalam rumah yang kita tinggal ada penghuninya.
  • Dan jangan lupa memberikan imformasi kepada tetangga, RT atau Security untuk menitipkan rumah kita apabila akan berpergian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar