Cari Blog Ini

Kamis, 27 Oktober 2016

Ribetnya Daftar BPJS Kesehatan

Pada tanggal 25/10/2016 saya melakukan pendaftaran BPJS untuk tetangga yang berprofesi sebagai Pedagang K-5 ("Pemohon"), untuk menghindari antrian di Kantor Cabang Bekasi Kota, saya melakukan pendaftaran secara Online dengan No.Registrasi : 327511180509000120161025212923. 

Pada saat mengisi data kelas layanan, saya memilih kelas layanan 3 dengan biaya Rp.22.500,-/bulan sesuai dengan permintaan pemohon. Namun setelah dilakukan aktivasi dan cetak virtual account, pemohon dan keluarga ada di kelas 1 dengan biaya Rp.80.000/bulan. 

Saat itu juga saya menghubungi call center 1500-400 untuk menayakan permasalahan tersebut dan disarankan untuk segera mengajukan perubahan ke kantor BPJS Bekasi sebelum 14 hari karena apabila lebih dari 14 hari maka perubahan kelas baru bisa dilakukan setelah 1 tahun. 

Keesokan harinya, pemohon langsung mengurus perubahan ke BPJS Bekasi, dan oleh petugas KC Bekasi diminta untuk meninggalkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses perubahan data dan akan diberitahukan hasilnya melalui SMS. Sore hari, Pemohon mendapatkan jawaban melalui SMS dari BPJS KC Kota Bekasi sebagai berikut: 

Yth, Bapak/Ibu W******, 
Perubahan kelas tidak dapat diproses karena Untuk Perubahan kelas, jika peserta dan keluarga sudah 1 tahun terdaftar . 
BPJS Kesehatan KCU Bekasi, Terimakasih.

Karena ada perbedaan antara penjelasan CS BPJS 1-500-400 dan petugas BPJS KC Kota Bekasi, Pada tanggal 26 Oktober 2016 pukul 23.26, saya menanyakan hal ini melalui SMS BPJS Pusat (0877-7550-0400), WA BPJS KC Kota Bekasi (0812-8582-705) dan Twitter CS BPJS Pusat di @BPJSKesehatanRI. dan hanya CS Twitter yang merespon pertanyaan saya dengan jawaban pada tanggal 26 Oktober 2016 pukul 23.31:

dan ditegaskan kembali pada tanggal 27 Oktober 2016 Pukul 00.36:



Lalu, apakah setelah Pemohon melakukan konfirmasi kembali ke KC Bekasi lalu permohonannya disetujui atau ditolak lagi? Jawabannya: Hanya Tuhan dan Petugas BPJS yang Tahu.


Catatan:
Setelah tulisan di atas saya buat, CS Halaman FB BPJS Kesehatan RI memberikan jawaban atas keluhan saya:

Selamat pagi RM mohon maaf atas ketidaknyamananya, saran kami menghubungi 1500400 minta di bantu di buatkan laporan sudah ke Kantor cabang dan tidak bisa rubah data dan infokan kronologis prosesnya.-mj


1 komentar:

  1. Alhamdulillah pada tanggal 29/10/2016 permasalahan sudah diselesaikan oleh BPJS KCU Bekasi. Ybs & keluarga sudah pindah kelas menjadi kelas 3. TK

    BalasHapus