Cari Blog Ini

Kamis, 24 Mei 2018

Jarak Aman Antar Kendaraan

Perlu tau bahwa jarak antar kendaraan menjadi salah satu hal yang mesti diwaspadai tiap pengemudi terutama saat kondisi tertentu seperti jalan licin akibat hujan atau sewaktu kondisi lalu lintas sedang padat. Benturan mendadak antar kendaraan sangat mungkin terjadi karena jarak yang terlalu dekat. Apalagi saat menjumpai jalur menanjak. Menjaga jarak antara satu kendaraan dengan lainnya merupakan langkah bijak demi keselamatan perjalanan. Ada dua macam jarak yang harus kamu perhatikan, yakni
  1. Jarak minimal adalah jarak paling dekat yang tidak boleh dilewati antara mobil belakang dengan depannya. Jenis jarak ini belum tentu aman, dan pengemudi harus berhati-hati apabila terjadi pengereman mendadak dari kendaraan di depannya.
  2. Jarak aman adalah jarak yang paling disarankan. Terutama saat melaju di jalanan basah. Pengereman di jalan basah butuh waktu lebih lama dibandingkan pada jalan yang kering.

Simak infografis berikut tentang jarak minimal dan jarak aman dengan kecepatan mobil, terutama saat kondisi jalan sedang basah, sebagaimana dirumuskan Korlantas Polri!

Sumber: Laman FB Kementerian Perhubungan RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar