Cari Blog Ini

Senin, 02 Mei 2016

Mengapa Kita Harus Belajar - Edisi Hardiknas 2016


Dalam pandangan Islam, Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi bagi setiap individu. Bahkan Allah SWT telah menjamin derajat orang-orang yang berilmu, Sebagaimana firmanNya:

.... يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ ...


"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat...(Q.s. al-Mujadalah : 11

Dari ayat di atas, orientasi belajar bukan semata-mata mendapat ijazah dan pekerjaan, akan tetapi seiring dengan diraihnya ilmu kemapanan hidup di dunia dan akhirat dijamin oleh Allah SWT.

Mengapa kia harus belajar, Allah SWT mewajibkan setiap individu untuk menuntut ilmu, melalui sabda RasululNya:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

”Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Orang yang membekali dirinya dengan ilmu, Allah menjamin dia hidup layak dan mampu menyelesaikan permasalahan dirinya, keluarga, masyarakat dan negara, Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَافَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ


”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Dimana dan kapan kita harus belajar,  ingat! Pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru di lembaga formal,  tetapi peranan orang tua dalam keluarga,  lingkungan bahkan sejak dalam kandungan pendidikan sudah harus diberikan oleh orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya sebagai generasi yang berkualitas dalam iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Semoga kita orang tua bisa memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak-anak kita sebagai tanggung jawab amanah dari Allah SWT.... Aaamiiin....

والله أعلم باالصواب

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2016

(Sumber: Grup WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar